Peran Lembaga Pendidikan Islam Nonformal Dalam Membentuk Kepribadian Agamis Kepada Remaja Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin
Daftar Isi:
- Erfina Rahilla. 2018. Peran Lembaga Pendidikan Islam Nonformal Dalam Membentuk Kepribadian Agamis Kepada Remaja Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I). Dr. H. Hamdan, M.Pd (II). Dr. M. Daud Yahya, S.Ag, M.Ag Latar belakang fungsi lembaga dalam hal ini adalah bagaimana mengembangkan peranannya dalam upaya membentuk kepribadian remaja yang agamis. Lembaga Pendidikan Islam nonformal didesa Tatakan adalah Lembaga Pendidikan alternative yang disediakan desa untuk melakansanakan proses belajar mengajar sebagai tambahan demi memaksimalkan Pendidikan agama Islam kepada remaja. Keluarga dan orang tua lah yang pertama dan utama memberikan dasar-dasar pendidikan agama, budi pekerti, sopan santun, kasih sayang, rasa aman, dasar-dasar mematuhi peraturan, penanaman kebiasaan-kebiasaan, dan lain lain. Rumusan masalah bagaimana peran lembaga pendidikan Islam nonformal dalam membentuk kepribadian agamis kepada remaja desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan dan faktor penunjang dan penghambat peran lembaga pendidikan Islam nonformal dalam membentuk kepribadian agamis kepada remaja desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Subyek penelitian ini adalah pembina di tiga lembaga pendidikan Islam nonformal dan remaja di Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Objek penelitian adalah tentang peran lembaga pendidikan Islam nonformal dalam membentuk kepribadian agamis di desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Teknik penelitian data ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui proses koleksi, editing, pengklasifikasian dan verifikasi data. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lalu, disimpulkan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan lembaga sangat berperan di dalam pendidikan Islam nonformal dalam membentuk kepribadian agamis kepada remaja desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan . Hal ini meliputi peran lembaga sebagai pusat kegiatan belajar dan mengajar keagamaan. sebagai pembinaan moral dan akhlak. sebagai pembinaan kesadaran bersosial. sebagai pengarah terhadap pengembangan minat dan bakat, dan faktor yang mendukung dan menghambat peran lembaga pendidikan Islam nonformal dalam membentuk kepribadian agamis kepada remaja desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan antara lain pendukung: lingkungan agamis, pola pengajaran, teknologi dan kesadaran. Penghambat: lingkungan negatif, teknologi, internal diri