Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek (PBP), mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan tanpa model berbasis proyek (PBP), untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek (PBP) pada materi statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, desain Quasi Eksperimental Design jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 1 Kandangan sebanyak 65 orang yang terbagi pada dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-equivalet control group design. Kemudian dipilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) dan kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis proyek (PBP). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) dengan tanpa model pembelajaran berbasis proyek (PBP) pada materi statistika. Respon siswa siswa terhadap pembelajaran berbasis proyak (PBP) memenuhi kualifikasi baik.