Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two stray dengan Think Pair Share Pada Pembelajaran Fiqih di MIN 4 Kota Banjarmasin
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi two stay two stray dan belajar peserta didik dengan menggunakan strategi think pair share pada pembelajaran fiqih kelas IV di MIN 4 Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode eksperimen dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Materi yang diajarkan adalah Ketentuan Shalat Jum’at. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada kelas IV A lebih baik daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kelas IV B. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar peserta didik kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih kelas IV dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk kelas eksperimen I memiliki rata-rata sebesar 81,76 dan berada pada kategori “Baik”. Sedangkan Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk kelas eksperimen II memiliki rata-rata sebesar 72,94 dan berada pada kategori “Baik”.