Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi peer lessons pada mata pelajaran Alquran hadis terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Banjarmasin. kelas III A sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) dan kelas III B sebagai kelompok eksperimen (menggunakan strategi peer lessons). Materi yang diajarkan adalah surah alqariah. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pre-test dan nilai post-test sebagai data penelitian. Penerapan strategi peer lessons ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis di Madrasah Negeri 1 Kota Banjarmasin. Dapat dilihat dari tahap pelaksanaan pembelajaran, analisis yang peneliti dapatkan dari tahap pelaksanaan tersebut adalah bahwa dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir semua peserta didik yang berada pada kelas eksperimen sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Karena berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa pada kolom Aktivitas Belajar Siswa seperti perhatian siswa, kegiatan siswa, dan tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran diantaranya bernilai 3 dan 4 yaitu baik dan baik sekali. Pada kolom Observasi siswa dan guru seperti kegiatan Awal, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir semua mendapatkan jawaban Ya dengan tanda (√). Strategi peer lessons berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Ini dibuktikan berdasarkan analisis hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol, hasil rata-rata belajar kelompok eksperimen meningkat sebanyak 28,8461 dari nilai rata-rata pretest 59,6154 menjadi 88,4615 pada nilai postest dan berada pada kualifikasi amat baik. Sedangkan pada kelas kontrol meningkat sebanyak 10 dari nilai rata-rata pretest 65,2000 menjadi 75,2000 pada nilai postest dan berada pada kualifikasi baik. Pada penelitian ini Hasil perhitungan uji Mann Whitney (uji U) pada postest adalah 0,006 Maka 0,006 <0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi peer lessons terhadap hasil belajar Alquran Hadis peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Banjarmasin.