Daftar Isi:
  • Wisnu Aji. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 di MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (i) Siti Shalihah, S.Pd, MS. (ii) Khairunnisa, S.Pd., M.Pd, Batang cuisenaire merupakan salah satu media untuk membelajarkan penjumlahan, yang terbuat dari batang-batang kayu berwarna cerah. Secara teknis, batang cuisenaire dibuat berbentuk persegi panjang yang tersusun secara pararel dengan ukuran proporsional. Penggunaan media Batang Cuisenaire pada mata pelajaran Matematika memungkinkan siswa dapat termotivasi untuk belajar aktif dan tidak merasa jenuh karena pada media ini menggabungkan antara belajar sambil bermain dan dapat mendorong siswa untuk meningkatkan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media Batang Cuisenaire dan untuk mengetahui pengaruh media Batang Cuisenaire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas I MI TPI Keramat Banjarmasin. Kelas I A sebagai kelompok eksperimen dan kelas I B sebagai kelompok kontrol. Materi yang diajarkan adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara Hasil penelitian teknik analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI TPI Keramat Banjarmasin mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran Batang Cuisenaire. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil belajar kelas eksperimen meningkat 31.56 dari nilai rata-rata pretest 35.63 menjadi 67.19 pada nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelas kontrol hanya meningkat sekitar 7.5 dari nilai rata-rata pretest 46.25 menjadi 53.75 pada nilai rata-rata posttest. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji U diperoleh nilai hitung adalah 0.029. Karena 0.029 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Batang Cuisenaire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas 1 di MI TPI Keramat Banjarmasin.