Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fikih bab Mawaris pada siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas dan kendala dalam pembelajaran Fikih bab Mawaris pada siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas dan siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas. Sedangkan objek penelitian adalah tentang Pelaksanaan pembelajaran Fikih bab Mawaris pada siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dukumentasi. Adapun teknik pengolahan data digunakan adalah reduksi data, display data, dan verivikasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif dengan penarikan kesimpulan secara induktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reaseart) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dideskripsikan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Berdasrkan Hasil penelitian ini diketahui bahwa bahwa pelaksanaan pembelajaran Fikih bab Mawaris pada siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas meliputi: perencanaan berbentuk program tahunan, program semester, silabus, dan RPP; Proses pelaksanaan dengan rincian kegiatan awal, inti, dan penutup; Metode pembelajaran yaitu ceramah,tanya jawab, diskusi, demonstrasi, eksperimen, dan prombem solving; Media pembelajaran berupa buku Fikih siswa, LCD, papan tulis, dan aplikasi waris; serta evaluasi pembelajaran berupa pre test, post test, formatif dan sumatif. Hal-hal yang menjadi kendala dalam pembelajaran Fikih bab Mawaris pada siswa kelas XI jurusan PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas adalah kendala yang berhubungan dengan materi; kendala yang berhubungan dengan kemampuan guru; kendala yang berhubungan dengan siswa; kendala yang berhubungan dengan waktu; kendala yang berhubungan dengan sarana/ prasarana; dan kendala yang berhubungan dengan lingkungan.