Daftar Isi:
  • Hairun Nisa. 2018. Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif al-Qur’an Surah al-’Ashr (Kajian Tafsir al-Misbah). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Salamah, M.Pd (II) Drs. H. Muhammad Yusuf, M.Fil.I. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kepribadian seorang guru karena seorang guru harus benar-benar memiliki kepribadian yang baik dalam ruang lingkup pendidikan agar berdampak positif kepada peserta didik yang berlandaskan al-Qur’an dengan menggunakan Tafsir al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Rumusan masalahnya adalah nilai-nilai kompetensi kepribadian guru yang terkandung dalam surah al-‘Ashr dan relevansi nilai-nilai kepribadian guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 dengan kompetensi kepribadian guru dalam surah al-‘Ashr (Kajian Tafsir al-Misbah). Tujuannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam tentang nilai-nilai kepribadian yang terkandung dalam Perspektif al-Qur’an surah al-‘Ashr (Kajian Tafsir al-Misbah) serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam tentang Relevansi kepribadian dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 dengan Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif al-Qur’an surah al-‘Ashr (Kajian Tafsir al-Misbah). Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yakni meneliti bahan-bahan kepustakaan/literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian. Penulis menggunakan metode tafsir maudhû’i, yakni mengumpulkan sumber primer berupa ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan tema yang diteliti yaitu kompetensi kepribadian guru perspektif al-Qur’an surah al-‘Ashr (kajian tafsir al-Misbah). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka ada beberapa nilai-nilai kepribadian yang terkandung dalam surah al-‘Ashr yaitu disiplin, iman, amal saleh, menasihati dalam kebenaran, dan sabar. Kompetensi kepribadian guru yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 adalah kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, berakhlak mulia (iman, taqwa, jujur dan ikhlas), sabar dan disiplin. Relevansi antara Undang-Undang RI nomor 14 tahun 2005 pasal 10 ayat 1 dengan kompetensi kepribadian guru dalam perspektif al-Qur’an surah al-‘Ashr (kajian tafsir al-Misbah) adalah kepribadian yang disiplin; iman menimbulkan kepribadian yang mantap dan stabil; amal saleh menampilkan kinerja yang dewasa, arif dan berwibawa; menasihati dalam kebenaran/jujur mencerminkan kepribadian yang berakhlak mulia; dan kepribadian yang sabar