Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi yang menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru dimana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin terhadap layanan e-banking pada Bank BNI Syariah dan BRI Syariah Banjarmasin, dan faktor apa saja yang memengaruhi minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin terhadap layanan e-banking pada Bank BNI Syariah dan Bank BRI Syariah Banjarmasin. Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin yang berada di jalan Jendral Ahmad Yani KM. 4.5 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sumber data berasal dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin dari tahun angkatan 2014 sampai dengan 2017. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan. Pertama, minat mahasiswa terhadap layanan e-banking pada Bank Syariah di Banjarmasin. Kedua, variabel yang memengaruhi minat mahasiswa pada Bank BNI Syariah Banjarmasin adalah variabel keamanan (X2) dengan thitung = 2,723 > ttabel = 2,003 dan tingkat signifikansi 0,009 < 0,05, dan variabel yang memengaruhi pada Bank BRI Syariah Banjarmasin adalah variabel pelayanan (X3) dengan thitung = 5,004 > ttabel = 2,015 dan tingkat signifikansi 0,012 < 0,05.