Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Teorema Pythagoras Berbasis Camtasia Studio 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Rahmad Agusliansyah. 2018. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Teorema Pythagoras Berbasis Camtasia Studio 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing I: Norlaila, M.Ag, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Muhamad Sabirin, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Teorema Pythagoras berbasis Camtasia Studio 8 terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiah 4 Tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode eksperimen. Desain penelitiannya one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin yang berjumlah 22 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Variabel yang diteliti yaitu penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Camtasia Studio 8 sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dan uji One Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Camtasia Studio 8 terhadap hasil belajar matematika kelas SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dengan perhitungan indeks gain siswa yaitu 0,44 berada pada klasifikasi pengaruh yang sedang.