PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAMPEMBELAJARAN FIKIH DIMADRASAHTSANAWIYAH INAYATUTHTHALIBIN BELITUNG DARAT BANJARMASIN
Main Author: | Rahmadi, Rahmadi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/101/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/101/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/101/ |
Daftar Isi:
- Penerapan metode demonstrasi bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam pembelajaran fikih. Dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Karena dalam metode demonstrasipara siswa dapat mengamati secara langsung sebuah perbuatan atau praktik, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetodedemonstrasidalampelajaranfikih di Madrasah TsanawiyahInayatuththalibin Belitung Darat Banjarmasin. Metodepenelitian yang digunakanbersifatkualitatif.Subjekdalampenelitianiniadalah 1 orang guru fikihdanseluruhkelas VII A dan VII B MTs Inayatuththalibin Belitung Darat Banjarmasin yang berjumlah 58 orang danobjekpenelitiandalampenelitianiniadalahpenerapanmetodedemonstrasidalampembelajaranfikih di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin. Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikobservasi, wawancara, angket, dokumentasidan data segalaaktivitaspelajaranfikih di Madrasah TsanawiyahInayatuththalibin Banjarmasin.Adapunteknikpengolahan data yang digunakanadalah editing, klasifikasi data, daninterpretasi data kemudiandianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifkualitatif.Lalu, disimpulkandenganmenggunakanmetodeinduktif. Dari hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmetodedemonstrasimatapelajaranfikih di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin meliputipersiapan, pelaksanaandanevaluasi.Padatahappersiapan guru menyiapkanrencanapelaksanaanpembelajaran.Padatahappelaksanaan guru menyampaikantujuanpembelajaran yang akandicapai, bertanyakepadasiswatentangmateri yang telahlewatatau yang akandiajarkan, menyampaikanmateripelajaran, memerintahkansalahsatusiswauntukmempraktikkannyasetelahselesai guru mempraktikkanmateripelajarantersebutkemudian guru memerintahkanlagisiswauntukmempraktikkandengandibimbing. Padatahapevaluasiteknikpenilaianmenggunakantestertulisdantesperbuatan. Dari hasilpenelitianterdapatbeberapafaktor-faktor yang mempengaruhipenggunaanmetodedemonstrasidalampembelajaranfikih di Madrasah TsanawiyahInayatuththalibin Belitung Darat Banjarmasin.Faktor-faktortersebutterdiridari: faktor guru, faktorsiswa, faktorsaranadanfasilitas, faktorwaktudanfaktorlingkungan.