Efektivitas Penggunaan Media “Telepon Kaleng” dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin
Daftar Isi:
- Ahmad Murdhani, 2018. Efektivitas Penggunaan Media “Telepon Kaleng” dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. Penelitian Ilmiah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Dosen Pembimbing Arif Rahman Hakim, S.Hum M.Pd. dan Ahmad Arifin, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Media Telepon Kaleng, Pembelajaran Istima’. Skripsi ini menyajikan tentang Efektivitas Penggunaan Media Telepon Kaleng dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Apakah nilai kelompok yang menggunakan media telepon kaleng lebih tinggi dari kelompok yang tidak menggunakan media telepon kaleng pada pembelajaran istima’ siswa kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin? 2. Apakah penggunaan media telepon kaleng menambah semangat siswa pada pembelajaran istima’? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media telepon kaleng dalam pembelajaran istima’ pada siswa kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. 2. Untuk mengetahui apakah penggunaan media telepon kaleng menambah semangat siswa pada pembelajaran istima’. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian deskriptif dengan metode quasi eksperimen. Yakni kelompok eksperimen (kelas VII G) dengan perlakuan khusus dan kelompok kontrol (kelas VII D) tanpa adanya perlakuan khusus. Berdasarkan hasil perhitungan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics v.21, diperoleh nilai sig. (2-tailed)=0,311. Karena 0,311 lebih besar dari 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai Post Test antara kelas VII G (kelas eksperimen) dan kelas VII D (kelas kontrol). Kesimpulan dari perhitungan ini adalah penggunaan media telepon kaleng pada pembelajaran istima’ tidak efektif. Dari hasil observasi dan wawancara peneliti dapat menyimpulkan bahwa media telepon kaleng layak digunakan pada pembelajaran istima’ mufradat. Karena media ini menambah minat siswa dan meningkatkan perhatian belajar serta nilai belajar siswa, dan juga mereka merasa bersemangat dan senang.