Pengaruh Penggunaan Strategi Permainan Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN 4 Kota Banjarmasin
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan strategi permainan pertanyaan bertingkat dan mengetahui apakah penggunaan strategi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran metematika di kelas IV MIN 4 Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun ke lapangan untuk meneliti pengaruh penggunaan strategi permainan pertanyaan bertingkat terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran metematika di kelas IV MIN 4 Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu seluruh peserta didik kelas IV A dan B yang berjumlah 34 orang dan dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen pada tes akhir berada pada kualifikasi amat baik dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,82. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata nilai sebesar 76,47. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji regresi diketahui nilai Sig. 0,026 karena 0,026 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji regresi menunjukan bahwa strategi permainan pertanyaan bertingkat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan perhitungan data tes akhir maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi permainan pertanyaan bertingkat terhadap peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV MIN 4 Kota Banjarmasin.