Keterampilan Dasar Mengajar guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati
Daftar Isi:
- Saidah, 2018, Keterampilan Dasar Mengajar guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati. Skrips, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing I : Dr. H. Abdul Basir M.Ag, Pembimbing II : H. Surawardi M.Ag. Penelitian tentang keterampilan dasar mengajar guru SKI ( sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati ini terdiri dari 8 macam, yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil, dan keterampilan mengajar perseorangan. Keterampilan ini mutlak harus dimiliki seorang guru agar dapat membantu menjalankan tugasnya. Oleh karena itu penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati dan problem-problem yang mempengaruhinya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan pendekatan fenomonologi. Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang guru SKI di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati. Sedangkan objeknya adalah keterampilan dasar mengajar guru SKI di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati. Untuk mengumpulkan data menggunakan 3 macam teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan kesimpulan menggunakan metode induktif, yaitu memaparkan dari temuan yang bersifat khusus menjadi suatu kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ubudiyah Bati-Bati sudah memiliki hampir semua keterampilan dasar dalam mengajar, keterampilan yang dimiliki tersebut sudah cukup baik meskipun masih belum maksimal dikarenakan masih adanya keterampilan yang belum dimiliki. Keterampilan tersebut adalah keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar perseorangan dan keterampilan mengajar kelompok kecil. Keterampilan dasar yang dimiliki oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ubudiyah tersebut masih belum maksimal karena dipengaruhi oleh pengalaman mengajar yang masih kurang dan kurang aktifnya guru ikut serta dalam organisasi profesi. Meskipun dalam hal ini, latar belakang yang dimiliki sudah sesuai dengan ketentuan.