ANALISIS SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA (Suatu Kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis)
Main Authors: | Desiana, Candra, Rochdiani, Dini, Pardani, Cecep |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh Ciamis
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/710 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/710/614 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/downloadSuppFile/710/222 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kopi robusta di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis; (2) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran kopi robusta di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis; (3) Besarnya marjin pemasaran kopi robusta untuk setiap tingkatan lembaganya; (4) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani keseluruhan harga yang di bayar oleh konsumen; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dimana penelitian dilakukan dalam ruang alamiah atau bukan buatan dan penelitian melakukan perlakuan dalam pengumpulan data. Sampel yang sebagian diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh petani kopi robusta di Desa Kalijaya sebanyak 17 orang, pedagang pengumpul 2 orang, pedagang besar 1 orang dankonsumen industri 2 orang.1. Saluran pemasaranSaluran Pemasaran I :PETANI --- PEDAGANG PENGUMPUL ---KONSUMEN INDUSTRISaluran Pemasaran II:PETANI--- PEDAGANG PENGUMPUL---PEDAGANG BESAR---KONSUMENINDUSTRIBiaya pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 75,002. per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 324,53 per kilogram. Keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 235,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 645,47 per kilogram.3. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 310,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 970,00 per kilogram.4. Farmers share atau bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 98,14 persen dan saluran pemasaran II adalah 94,35 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata Kunci : Pemasaran, Biji, Kopi, Robusta