ANALISIS SALURAN PEMASARAN TAHU BULAT (Studi Kasus pada Perusahaan Cahaya Dinar di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Main Authors: Nurussalam, Ahmad, Rusman, Yus, Noormansyah, Zulfikar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh Ciamis , 2017
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/708
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/708/612
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/708/625
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/downloadSuppFile/708/220
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Saluran pemasaran tahu bulat pada Perusahaan Cahaya Dinar di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran tahu bulat pada Perusahaan Cahaya Dinar di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, (3) Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) tahu bulat pada Perusahaan Cahaya Dinar dari harga eceran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari satu orang produsen, empat orang pedagang besar dan lima belas orang pedagangpengecer.Hasil penelitian diketahui bahwa :1. Terdapat satu saluran pemasaran :Produsen- Pedagang Besar- Pedagang Pengecer Konsumen2. Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pada saluran pemasaran tahu bulat yaitu sebesar Rp. 4,6,- per butir, Rp. 300,- per butir dan Rp. 295,4 per butir.3. Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa bagian harga yang diterima produsen (Producer’s Share) cahaya dinar di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis pada saluran pemasaran tahu bulat yaitu sebesar 40 persen.Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Tahu, Bulat, Ciamis