ANALISIS SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Suatu Kasus di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Main Authors: Permana, Hadi, Noor, Trisna Insan, Isyanto, Agus Yuniawan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2550
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2550/2850
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, 2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, 3) Efisiensi pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, dan 4) Besarnya bagian harga yang diterima petani dari harga yang dibayar konsumen (farmer’s share). Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat 3 saluran pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, yaitu Saluran I (produsen – konsumen), Saluran II (produsen - pedagang pengecer – konsumen), dan Saluran III (produsen – pedagang pengumpul - pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen). 2) Biaya pemasaran pada saluran II sebesar Rp 230,00/kg, dan pada saluran III sebesar Rp 1.000,00/kg. Marjin pemasaran pada Saluran II sebesar Rp 1.900/kg, dan Saluran III sebesar Rp 4.200/kg. Keuntungan pemasaran pada Saluran II sebesar Rp 1.670,00/kg, dan Saluran III sebesar Rp 3.300,00/kg. 3) Efisiensi pemasaran pada Saluran I sebesar 5,43%, Saluran II sebesar 9,61%, dan Saluran III sebesar 43,47%. 4) Farmer’s share pada saluran I sebesar 57,50%, Saluran II sebesar 57,78%, dan Saluran III sebesar 35,38%.