PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI TEH CELUP DAUN KELOR DI PT. LENTERA BUMI NUSANTARA (Studi Kasus di Desa Ciheras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya)

Main Authors: Nuraeni, Nuneng, Noor, Trisna Insan, Sudrajat, Sudrajat
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2545
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2545/2684
Daftar Isi:
  • Pemanfaatan tanaman kelor di Indonesia saat ini masih terbatas, selain pemanfaatan secara tradisional, daun kelor hingga saat ini dikembangkan menjadi produk pangan modern seperti teh daun kelor.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Proses produksi, 2) Penyerapan tenaga kerja, 3) Pemasaran, 4) Biaya dan pendapatan pada agroindustri teh celup daun kelor di PT. Lentera Bumi Nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan ditentukan dengan sengaja yaitu responden yang merupakan komisioner di PT. Lentera Bumi Nusantara. Hasil peneitian menunjukan bahwa :1) Proses pengolahan dimulai dari pengambilan daun kelor dari petani sebagai bahan baku pembuatan teh, kemudian pengikatan daun yang masih melekat pada tangkai, pencucian daun kelor, selanjutnya pelayuan daun, pengeringan daun dengan oven, sortasi daun, penghancuran daun dengan blander menjadi bubuk kelor, pengayakan bubuk, penimbangan bubuk, pengemasan tahap satu pada tea bag, pengemasan tahap akhir, pengepressan, pelabelan, dan siap dipasarkan. Kegiatan produksi teh daun kelor dilakukan setiap dua minggu sekali dan penjualan teh daun kelor dilakukan secara langsung maupun online. 2) Kegiatan pemasaran pada agroindustri teh celup daun kelor hanya melibatkan satu saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran nol tingkat, karena dalam pemasaran teh celup daun kelor tidak melibatkan lembaga pemasaran.