ANALISIS SALURAN PEMASARAN MANGGIS (Suatu Kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis)
Main Authors: | Kartikasari, Fitri, Noor, Trisna Insan, Isyanto, Agus Yuniawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2516 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2516/2675 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran manggis di Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis; (2) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran; (3) Besarnya marjin pemasaran manggis pada setiap tingkatan lembaganya; dan (4) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani keseluruhan harga yang dibayar oleh konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sampel penelitian ini terdiri atas 54 petani, 2 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 2 konsumen industri. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada dua saluran pemasaran; (2) Biaya pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 75,00 per kg dan saluran pemasaran II sebesar Rp 324,53 per kg. Keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 235,00 per kg dan saluran pemasaran II sebesar Rp 645,47 per kg; (3) Marjin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 310,00 per kg dan saluran pemasaran II sebesar Rp 970,00 per kg; dan (4) Farmer’s share pada saluran pemasaran I 96,03% dan saluran pemasaran II 88,12%.