ANALISIS SALURAN PEMASARAN COMRING (Suatu Kasus pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis)

Main Authors: Fitriadi, Dedi, Rochdiani, Dini, Yusuf, Muhammad Nurdin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh Ciamis , 2018
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1621
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1621/1303
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1621/1304
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Saluran pemasaran comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (3) Besarnya bagian harga yang diterima produsen comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 13 orang, satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul dan sepuluh orang pedagang pengecer.Hasil penelitian diketahui bahwa:1. Terdapat satu saluran pemasaran comring sampai ke tangan konsumen akhir yaitu: Produsen - Pedagang pengumpul - Pedagang Pengecer - Konsumen2. Pada pemasaran comring melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Besarnya rata-rata marjin pemasaran adalah Rp. 5.750,00 per bungkus dengan rata-rata biaya pemasaran sebesar Rp. 265,00 per bungkus sehingga rata-rata keuntungan pemasaran sebesar Rp. 5.485,00 per bungkus.3. Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) adalah sebesar 53,06 persen. Artinya besarnya bagian harga yang diterima produsen adalah 53,06 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata Kunci: comring, Kabupaten Ciamis, pemasaran