ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI MERAH VARIETAS TANJUNG 2 (Suatu Kasus di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)
Main Authors: | Kusmawati, Lisda, Sujaya, Dedi Herdiansah, Hardiyanto, Tito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh Ciamis
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1617 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1617/1300 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. 2) Besarnya marjin, biaya, dan keuntungan pemasaran komoditi cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. 3) Farmer’s share komoditi cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. Jenis penelitian menggunakan metode survei pada petani cabai dan pedagang di Kelurahan Tamanjaya dengan jumlah responden 25 orang petani, 1 orang pedagang besar, dan 5 orang pedagang pengecer. Penarikan sampel petani dilakukan secara sensus, dan pedagang dengan snowball sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa:1. Terdapat satu saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Tamanjaya yaitu: Petani - Pedagang Besar - Konsumen2. Besarnya biaya pemasaran di tingkat pedagang besar adalah sebesar Rp 535/kg. Marjin pemasaran di pedagang besar adalah Rp 10.000/kg, dan keuntungan pemasaran adalah Rp 9.465/kg. Sedangkan biaya pemasaran di tingkat pedagang pengecer adalah Rp 480/kg. Marjin pemasaran sebesar Rp 7.000/kg dan keuntungan pemasaran sebesar Rp 6.520/kg.3. Farmer’s share atau bagian yang diterima petani adalah sebesar 59,52%.Kata Kunci : Saluran Pemasaran, cabe merah