ANALISIS MARJIN PEMASARAN UBI KAYU (Manihot Utilissima) (Suatau Kasus di Desa Margajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Main Authors: Nirwana, Neni, Rochdiani, Dini, Sudradjat, Sudradjat
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh Ciamis , 2018
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1615
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1615/1298
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ubi kayu mulai dari produsen sampai ke konsumen, besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran ubi kayu antar lembaga perantara dan persentase harga yang diterima petani (farmer’s share) dalam pendistribusian ubi kayu di DesaMargajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Sampel petani diambil dengan menggunakan metode acak sederhana. Dari anggota populasi petaniubi kayu sebanyak 274 yang diambil 15 persen yaitu 41 orang responden. Sedangkan sampel lembaga pemasaran menggunakan snowballs sampling method.Hasil penelitian menunjukkan:1. Terdapat satu saluran pemasaran ubi kayu dari petani produsen yang ada di Desa Margajaya sampai ke konsumen yaitu: Petani - Pedagang Pengumpul - Konsumen Industri.2. Besarnya marjin pemasaran pada pedagang pengumpul adalah sebesar Rp. 300,- per kilogram. Biaya pemasaran pada pedagang pengumpul sebesar Rp. 174,99 per kilogram. Keuntungan yang diperoleh pedagang pengumpul sebesar Rp. 125,01 per kilogram.3. Bagian harga yang diterima petani atau farmer’s share adalah sebesar 75 persen dari harga jual ubi kayu yang dijual petani sebesar Rp. 900,- per kilogram dan harga jual pedagang Pengumpul Rp. 1.200,- per kilogram.Kata Kunci : Marjin Pemasaran, Ubi Kayu