ANALISIS SALURAN KELAPA (Suatu Kasus di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Main Authors: Wadin, Wadin, Soetoro, Soetoro, Hardiyanto, Tito
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh Ciamis , 2018
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1610
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1610/1293
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar kabupaten Pangandaran. (2) Besarnya marjin dan biaya pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran (3) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) kelapa.Penelitian ini dilaksanakan di Desa karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran dengan menggunakan survai. Responden petani diambil secara acak sederhana (simple random sampling) diteliti sebanyak 30 orang atau 15 persen dari 202 petani, sedagkan untuk sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara snowball sampling terhadap 1 orang pedagang pengumpul, dan 1 orang pedagang besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Terdapat satu saluran pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran yaitu, Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Konsumen Akhir Industri. 2) Marjin pemasaran kelapa di tingkat pedagang pengumpul Rp. 1.000,00 per butir, biaya sebesar Rp. 475,00 per butir dan keuntungan sebesar Rp. 525,00, per butir sedangkan marjinpemasaran kelapa di tingkat pedagang besar yaitu Rp. 500,00 per butir, biaya sebesar Rp. 200,00 per butir dan keuntungan sebesar Rp. 300,00 per butir. 3) Farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani adalah 66,67 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata kunci : Saluran pemasaran, kelapa