STRATEGI PEMASARAN TEH CELUP GOALPARA INDUSTRI HILIR TEH PT.PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Studi Kasus Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung, Provinsi Jawa Barat)

Main Authors: Rosyalina, Maulida Nabila, Mukti, Gema Wibawa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1273
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/1273/1686
Daftar Isi:
  • Perkebunan Negara di Jawa Barat yang bergerak di bidang komoditas teh adalah PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). PTPN VIII memiliki unit usaha dengan tujuan mengembangkan produk hulu teh menjadi produk hilir teh yang dikenal dengan Industri Hilir Teh (I-Teh). I-Teh PTPN VIII memproduksi beberapa produk teh dengan salah satu mereknya adalah Goalpara. Teh Goalpara merupakan teh produksi dalam negeri yang dibuat dari bahan baku yang berasal dari perkebunan milik sendiri. Pada kenyataannya, Teh Celup Goalpara mengalami masalah dalam memasarkan produknya seperti kurangnya distribusi ke swalayan-swalayan kecil, promosi yang kurang optimal yang mengakibatkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk tersebut dan persaingan dengan produk teh celup sejenis yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi pemasaran yang tepat melalui alat analisis SWOT dan AHP. Metode SWOT digunakan untuk mengetahui keadaan internal dan keadaan eksternal pada perusahaan tersebut kemudian menggunakan metode AHP yang digunakan untuk memilih prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat. Matriks IFE memiliki nilai tertimbang 2,58 yang artinya posisi internal yang kuat, matriks EFE memiliki nilai tertimbang 2,46 yang artinya perusahaan merespon dengan baik peluang dan ancaman yang ada. Posisi perusahaan berada pada kuadran V yang artinya “Hold and Maintain”. Dari hasil pengolahan AHP diketahui strategi yang yang dipilih adalah meningkatkan pelatihan terhadap karyawan (0,241) dan meningkatkan penjualan dengan penerapan digital marketing (0,202).