Penguasaan Pengetahuan Laundry Pada Peserta Didik Akomodasi Perhotelan di SMKN 9 Bandung

Main Authors: Mardiyah, Nikmatul Kamilah, Rohaeni, Neni, Rinekasari, Nenden Rani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia , 2017
Online Access: http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4796
http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4796/3359
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai sejauh mana peserta didik menguasai pengetahuan laundry. Tujuan umum penelitian untuk memperoleh datapenguasaan pengetahuan laundry pada peserta akomodasi perhotelan di SMKN 9Bandung. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMKN 9 Bandung. Tujuan khusus penelitianuntuk memperoleh data mengenai penguasaan pengetahuan peserta didik mengenaipengertian dan bagian-bagian laundry, pemahaman peserta didik dalam membedakan jenispenggunaan dan perawatan laundry machine, penerapan peserta didik mengenai sop dalammelaksanakan laundry dan analisis peserta didik mengenai jenis pengkotor dan kegunaanlaundry chemical. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu deskriptif kuantitatif.Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang peserta didik pada kelas XII AP 1 denganmenggunakan sampel purposive. Temuan penelitian yaitu penguasaan pengetahuan beradapada kategori sangat tinggi, penguasaan pemahaman berada pada kategori tinggi,penguasaan penerapan berada pada kategori tinggi dan penguasaan analisis berada padakategori cukup. Hasil capaian peserta didik akomodasi perhotelan di SMKN 9 Bandunglebih dari setengahnya termasuk dalam kategori tinggi, kurang dari setengahnya termasukdalam kategori sangat tinggi dan sebagian kecil termasuk dalam kategori cukup padapenguasaan pengetahuan laundry. Rekomendasi hasil penelitian guru mata pelajaran lebihmeningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik dalam penguasaan pengetahuanlaundry khususnya pada tahap analisis yang berada pada kategori cukup, peserta didiklebih meningkatkan penguasaan pengetahuan laundry khususnya pada tahap analisis yangberada pada kategori cukup, dan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk penelitianselanjutnya untuk memperdalam pembahasann mengenai peningkatan penguasaan laundrypada peserta didik akomodasi perhotelan.