Penguasaan Pengetahuan Pengasuhan Anak Autis Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 15 Bandung
Main Authors: | Handayani, Renny Novida, Achdiani, Yani, Ana, Ana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4791 http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4791/3355 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan pengasuhan anak autis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai penguasaan pengetahuan pengasuhan anak autis pada peserta didik di SMK Negeri 15 Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI program keahlian pekerjaan social yang mengikuti mata pelajaran pengasuhan anak autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan pengetahuan pengasuhan anak autis yang berkaitan dengan aspek pengetahuan: (1) Konsep dasar pengasuhan, karakteristik anak autis, dan konsep dasar anak autis berada pada kategori tinggi. Pengasuhan pada aspek pemahaman: (2) Cara mendiagnosis anak autis, komponen dalam pengasuhan anak autis, hambatan yang dialami anak autis berada pada kategori tinggi. Sedangkan penguasaan pada aspek penerapan (3) Identifikasi masalah dalam proses pengasuhan, identifikasi langkah-langkah assesmen anak autis pada kategori tinggi. Hasil capaian keseluruhan penguasaan pengetahuan pengasuhan anak autis kurang dari setengahnya berada pada kategori tinggi. Rekomendasi pada penelitian ini diharapkan peserta didik dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dan wawasannya mengenai mata pelajaran pengasuhan anak autis di SMK Negeri 15 Bandung.