Kemampuan Reflektif Mahasiswa Pada Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak Melalui Kegiatan Lesson Study
Main Authors: | Susiyanti, Neng, Achdiani, Yani, Ana, Ana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4780 http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4780/3345 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini membahas mengenai kemampuan reflektif mahasiswa pada perkuliahan bimbingan perawatan anak melalui kegiatan Lesson Study. Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh data mengenai kemampuan reflektif mahasiswa pada perkuliahan bimbingan perawatan anak melalui kegiatan Lesson Study. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan reflektif mahasiswa pada aspek restrukturisasi pada siklus 1 dan siklus 2 berada pada kategori tinggi, pada aspek representasi pada siklus 1 berada pada kategori rendah, sedangkan pada siklus 2 mengalami perubahan menjadi kategori tinggi dan untuk aspek revisiting pada siklus 1 berada pada kategori rendah dan pada siklus 2 mengalami perubahan menjadi kategori cukup tinggi. Ditinjau dari refleksi yang diberikan melalui test tindakan kepada mahasiswa dari tiga aspek yang dinilai yaitu berpikir kritis, memecahkan masalah dan mengungkapkan pengalaman belajar masing-masing mahasiswa berada pada kategori tinggi. Saran ditujukan pada dosen, kegiatan Lesson Study dapat diterapkan pada perkuliahan lainnya dengan materi pembahasan yang memiliki ciri khas dan pada mahasiswa hasil penelitian ini hendaknya menjadi acuan bagi mahasiswa untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan reflektif terutama pada aspek representasi dan revisiting yang dirasa masih cukup sulit oleh.