Program Home-Based Childcare Settings untuk Meningkatkan Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Main Authors: | Rinekasari, Nenden Rani, Jubaedah, Yoyoh, Abas, Tati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/18778 http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/18778/9965 |
Daftar Isi:
- Kebutuhan penyedia layanan penitipan anak meningkat seiring dengan perubahan paradigma berpikir orang tua saat ini. Laboratorium Pelayanan Anak Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga tertarik memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyelenggarakan jasa penitipan anak bagi pegawai di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian mengetahui program home-based childcare settings untuk meningkatkan pencapaian perkembangan anak usia dini. Metode penelitian yaitu ADDIE, dengan subjek penelitian anak usia 12 – 18 bulan, pengelola dan pengasuh. Program home-based childcare seetings yang diterapkan di Laboratorium Pelayanan Anak dapat meningkatkan pencapaian perkembangan anak usia dini. Hasil pengamatan bahasa anak yang berusia 12 – 18 bulan di Laboratorium Pelayanan Anak Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menunjukkan peningkatan yang cukup baik, dari kriteria belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.