PENGARUH METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Main Authors: Manik, Agnes, Salamah, Irma, Susanti, Eka
Format: Article info Not yet peer-review application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Telkom , 2017
Daftar Isi:
  • Website is one form of mass media that published through internet ne twork that can be accessed wherever and whenever. To be able to get a quality website must be done. By measuring the quality of a website, it can be known the user†̃s perception of the website. In this study using WebQual method that has been modofied with the addition the dimension of user satisfactionwith the three main dimensions of WebQual 4.0 usability, information, service interaction. This research was conducted in the environment of State Polytechnic of Sriwijaya. This research was conducted by using questionnaire. The population of this research is State Polytechnic of Sriwijaya collegers. The result obtained in this study is the development of a better website, it is found that the quality of information and quality of usability affects positive on user satisfaction. Quality of service interaction affects a negative on the usersatisfaction of State Polytechnic of Sriwijaya user.
  • Website merupakan salah satu bentuk media masa yang dipublikasi melalui jaringan internet yangdapat diakses dimanapun dan kapanpun. Untuk mengetahui kualitas sebuah Website maka perludilakukan pengukuran. Dengan melakukan pengukuran kualitas suatu Website dapat diketahuipersepsi pengguna terhadap Website tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metodeWebQual yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi kepuasan pengguna dengan tigadimensi utama WebQual 4.0, yaitu Usability, Information, Service Interaction. Penelitian inidilakukan di lingkungan Politeknik Negeri Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik NegeriSriwijaya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah perkembangan Website yang lebih baik,didapat bahwa kualitas kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasanpengguna. Kualitas layanan interaksi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pengguna websitePoliteknik Negeri Sriwijaya.