ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI DALAM LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA
Main Authors: | Setyowati, Ilma Dzina, Sulistiyawati, Erlina, Cahyaningrum, Gema Rifa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Palembang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1973 http://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1973/1590 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia pada tataran fonologi, serta mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa pada tataran fonologi dalam penulisan laporan hasil observasi (LHO) siswa SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji kesalahan berbahasa dalam LHO siswa SMK N 1 Karanganyar. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menghasilkan pendeskripsian mengenai kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi berupa kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, pemakaian preposisi, penulisan kata dasar, penghilangan fonem, serta faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dikalangan siswa SMK N 1 Karanganyar dalam penulisan LHO. Dapat disimpulkan bahwasiswa kelas X AK 1 (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) SMK N 1 Karanganyar pada penulisan laporan hasil observasi ditemukan banyak kesalahan berbahasa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa adanya kurang perhatian pada kaidah kebahasaan yang seharusnya diterapkan oleh siswa, Siswa juga sering menyingkat kata yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Selain itu, tingkat pemahaman siswa terhadap kosakata baku masih cukup rendah, adanya pengaruh dari bahasa ibu dan bahasa kedua siswa, dan adanya pengaruh dari lingungan baik formal dan informal.