ctrlnum 7
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar</title><title>Penelitian dan Pengembangan Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 11 Bandung</title><creator>Dian Liesdiani | NPM. 41154010120020</creator><subject>Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon</subject><subject>Motivasi Belajar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Siswa yang memiliki motivasi belajar cenderung dapat belajar lebih baik, Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai), ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa),tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cukup puas dengan prestasi yang telah dicapainya), menunjukan minat, lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin (hal-hal yang bersifat mekanis, berulang-ulang begitu saja sehingga kurang kreatif), dapat mempertahankan pendapatnya,tidak mudah melepaskan hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan soal-soal. Kenyataan dilapangan peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi, satu faktor penyebab diantaranya yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan multimedia yang menarik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti membuat serta mengembangkan multimedia pembelajaran audio visual powtoon dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual PowToon untuk pembelajaran ekonomi SMA kelas X peningkatan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi yang digunakan adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 11 Bandung. Sampel yang digunakan pada saat ujicoba terbatas yaitu kelas X Lintas Minat Ekonomi 4, sedangkan pada saat ujicoba luas adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual powton lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan tidak menggunakan multimedia pembelajaran audio visual powtoon.</description><publisher>PEKO FKIP Universitas Langlangbuana</publisher><contributor>Dr. Hj. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.</contributor><contributor>Popon Maryam S.Pd., M.Pd</contributor><date>2016</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/7</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/29dc98e618ccaa7d6d9c5492d12558f7.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/84033cbad73038ea12df05d7fe86c6c9.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/76548cb8d8a3a3abce5aa35bf7fd3ec1.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/b34822565bbdc3837cba8324080bd5ea.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/8d9d692568ac7fcfb27d0b67d1d2652f.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/f15110c040568099b5244c6e8e4925cf.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/3973f0e527291763da33ceb8796b2162.pdf</identifier><recordID>7</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author Dian Liesdiani | NPM. 41154010120020
author2 Dr. Hj. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.
Popon Maryam S.Pd., M.Pd
title Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
publisher PEKO FKIP Universitas Langlangbuana
publishDate 2016
topic Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon
Motivasi Belajar
url http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/7
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/29dc98e618ccaa7d6d9c5492d12558f7.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/84033cbad73038ea12df05d7fe86c6c9.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/76548cb8d8a3a3abce5aa35bf7fd3ec1.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/b34822565bbdc3837cba8324080bd5ea.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/8d9d692568ac7fcfb27d0b67d1d2652f.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/f15110c040568099b5244c6e8e4925cf.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/3973f0e527291763da33ceb8796b2162.pdf
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Siswa yang memiliki motivasi belajar cenderung dapat belajar lebih baik, Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai), ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa),tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cukup puas dengan prestasi yang telah dicapainya), menunjukan minat, lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin (hal-hal yang bersifat mekanis, berulang-ulang begitu saja sehingga kurang kreatif), dapat mempertahankan pendapatnya,tidak mudah melepaskan hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan soal-soal. Kenyataan dilapangan peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi, satu faktor penyebab diantaranya yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan multimedia yang menarik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti membuat serta mengembangkan multimedia pembelajaran audio visual powtoon dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual PowToon untuk pembelajaran ekonomi SMA kelas X peningkatan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi yang digunakan adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 11 Bandung. Sampel yang digunakan pada saat ujicoba terbatas yaitu kelas X Lintas Minat Ekonomi 4, sedangkan pada saat ujicoba luas adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual powton lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan tidak menggunakan multimedia pembelajaran audio visual powtoon.
id IOS4728.7
institution FKIP Universitas Langlangbuana
institution_id 1380
institution_type library:university
library
library Perpustakaan FKIP Universitas Langlangbuana
library_id 1185
collection Repository Skripsi FKIP Universitas Langlangbuana
repository_id 4728
subject_area Pendidikan
Keguruan
city KOTA BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS4728
first_indexed 2017-10-15T13:56:16Z
last_indexed 2017-10-31T18:30:47Z
recordtype dc
_version_ 1686251086882537472
score 17.538404