Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif sehingga membuat peserta didik menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini mencoba menerapkan model kooperatif tipe Teame Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskrips tentang pengaruh model kooperatif tipe Teame Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Sifat penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan The Nonequivalen control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III semester I SDN Cibadak III yang berjumlah 60 orang. Sampelnya pun 60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Untuk mengukur pemahaman konsep matematis menggunakan pretest dan posttest sedangkan untuk menilai kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi. Berdasarkan pengelolaan data menggunakan SPSS dengan pengujian hipotesis normalitas, homogenitas, dan uji beda diperoleh kesimpulan bahwa terbukti terdapat pengaruh model kooperatif tipe Teame Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar serta terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model konvensional dan model kooperatif tipe Teame Games Tournament (TGT).