Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Role Playing dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tantang penerapan model cooperative learning tipe role playing dalam peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Teori yang digunakan adalah Santoso (2011) yang mengatakan bahwa model pembelajaran role playing ialah proses pemberian tugas bahan ajar menggunakan cara mengembangkan imajinasi dan perasaan peserta didik, yang tujuannya mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sifat penelitian kualitatif dan kuantitatif Sugiyono (2016) Penelitian kualitatif ialah berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan, dan kuantitatif ditandai dengan penelitian berupa angka-angka. Desain penelitian yang digunakan quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 015 Kresna Bandung Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa lembar observasi keaktian peserta didik dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil lembar observasi menggambarkan keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan model pembelajaran cooperative learning tipe role playing dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Uji statistik menunjukkan bukti di kelas eksperimen terdapat peningkatan keaktifan belajar yang terlihat pada uji t 0,000.