Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Masalah yang diteliti dalam penelitan ini yaitu langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, dan apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Dalam penelitian ini terdapat tiga teori yang digunakan yaitu teori Rusman (2017) tentang model pembelajaran kooperatif, teori Alam Zaenal (2016) tentang model pembelajaran picture and picture dan indikatornya, dan teori Suprijono (2016) tentang kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Dalam penelitian ini responden berjumlah 56 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu 28 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunaan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 0,6875 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,2875. Jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran picture and picture.