ctrlnum 111
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa</title><creator>Dewi Sinta | NPM. 41154010130027</creator><subject>Model Pembelajaran Kooperatif</subject><subject>Tipe Teams Games Tournament (TGT)</subject><subject>Semangat Belajar Siswa</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Siswa yang memiliki semangat belajar cenderung rajin mengikuti pelajaran, terlihat aktif dalam membaca pelajaran, antusias dalam mengikuti pelajaran, aktif dalam bertanya dan selalu mengerjakan tugas dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Upaya guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran saat ini belum berorientasi pada peningkatan semangat belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu inovasi baru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan semangat belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) yang dipadukan dengan permainan Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) termasuk didalamnya penggunaan model deskriptif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan metode R&amp;D dibagi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 25 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang diambil dilakukan secara purposive sampling yaitu berdasarkan saran yang diberikan oleh guru mata pelajaran ekonomi maka sampel yang digunakan pada saat uji coba adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Jumlah siswa dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yang di uji coba terdiri atas 28 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-anova dan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki perbedaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT secara signifikan dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23, berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan semangat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction).</description><publisher>PEKO FKIP Universitas Langlangbuana</publisher><contributor>Dr. Hj. Erliany Syaodih, M.Pd.</contributor><contributor>Drs. H. Sungging Handoko, SH., M.Si.</contributor><date>2017</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>Other:PDF</type><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/111</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/c6b03fb78bc37ffe7ed7b5f66f79cf5e.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/b0d3929478efad31292a3e4b838d3eeb.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/d125ebb7a2fc577f98266666d25355b9.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/af6e873015d44c173374688acf333f5c.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/7c30e3bbb607104a8810153e5f9a50b4.pdf</identifier><identifier>http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/645bcb42fb1e428716a9909258b3f9aa.pdf</identifier><source>A.M, Sardiman.(2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.&#xD; &#xD; Dahlan, M.S (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Deskriptif, Bivariat dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi Menggunakan SPSS. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.&#xD; &#xD; Dimyati., Mudjiono (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.&#xD; &#xD; Heriawan, Adang., Darmajari., Senjaya Arip (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.&#xD; &#xD; Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.&#xD; &#xD; Prianto, D.(2009). Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: Medikom.&#xD; &#xD; Purwanto, M Ngalim (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.&#xD; &#xD; Rusman (2013). Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.&#xD; &#xD; Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.&#xD; &#xD; Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik. Jakarta: PT. Elek Komputindo.&#xD; &#xD; Slavin, Robert E (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.&#xD; &#xD; Sugiyono.(2010). Metode penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.&#xD; &#xD; Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : CV Alfabeta.&#xD; &#xD; Sukmadinata, NanaSy.,Erliany Syaodih, (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.&#xD; &#xD; Sukmadinata, NanaSyaodih (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.&#xD; &#xD; Wahab, A.A.(2012). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.&#xD; &#xD; Damayanti, L .(2016). Pengembangan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, Diakses 16 Mei 2017, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/10.&#xD; &#xD; Amari&#x2019;a, S.H.(2012). Pengaruh Keakraban Guru dengan Siswa Terhadap Semangat Belajar Siswa. Tersedia: http://perpus.iainsalatiga.ac.id. (20April 2017).&#xD; &#xD; Diah (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia: http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran- kooperatif.htm.( 08 Juni 2016)&#xD; &#xD; Ramadhani, Dwi Widiana (2014). Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament(TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa di Kelas X.</source><recordID>111</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
Other:PDF
Other
author Dewi Sinta | NPM. 41154010130027
author2 Dr. Hj. Erliany Syaodih, M.Pd.
Drs. H. Sungging Handoko, SH., M.Si.
title Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa
publisher PEKO FKIP Universitas Langlangbuana
publishDate 2017
topic Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Semangat Belajar Siswa
url http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/111
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/c6b03fb78bc37ffe7ed7b5f66f79cf5e.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/b0d3929478efad31292a3e4b838d3eeb.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/d125ebb7a2fc577f98266666d25355b9.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/af6e873015d44c173374688acf333f5c.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/7c30e3bbb607104a8810153e5f9a50b4.pdf
http://repository.fkip.unla.ac.id/files/original/645bcb42fb1e428716a9909258b3f9aa.pdf
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Siswa yang memiliki semangat belajar cenderung rajin mengikuti pelajaran, terlihat aktif dalam membaca pelajaran, antusias dalam mengikuti pelajaran, aktif dalam bertanya dan selalu mengerjakan tugas dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Upaya guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran saat ini belum berorientasi pada peningkatan semangat belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu inovasi baru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan semangat belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) yang dipadukan dengan permainan Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) termasuk didalamnya penggunaan model deskriptif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan metode R&D dibagi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 25 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang diambil dilakukan secara purposive sampling yaitu berdasarkan saran yang diberikan oleh guru mata pelajaran ekonomi maka sampel yang digunakan pada saat uji coba adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Jumlah siswa dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yang di uji coba terdiri atas 28 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-anova dan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki perbedaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT secara signifikan dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23, berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan semangat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction).
id IOS4728.111
institution FKIP Universitas Langlangbuana
institution_id 1380
institution_type library:university
library
library Perpustakaan FKIP Universitas Langlangbuana
library_id 1185
collection Repository Skripsi FKIP Universitas Langlangbuana
repository_id 4728
subject_area Pendidikan
Keguruan
city KOTA BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS4728
first_indexed 2017-10-15T13:56:18Z
last_indexed 2017-10-31T18:30:49Z
recordtype dc
_version_ 1686251087507488768
score 17.538404