MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI TERAPI BERMAIN

Main Author: Triningtyas, Diana Ariswanti
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Madiun , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/253
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/253/225
Daftar Isi:
  • Usia prasekolah anak diharapkan menguasai belajar menulis, bahasa,matematika dan ilmu pengetahuan lain. Pengetahuan akan konsep ini jauh lebihmudah diperoleh melalui kegiatan bermain. Anak usia prasekolah mempunyairentang perhatian yang terbatas dan masih sulit diatur, apalagi belajar dengan“serius”. Tetapi bila pengalaman konsep tersebut dilakukan sambil bermain,membuat anak senang, tanpa disadari ternyata ia sudah banyak belajar. Aspekperkembangan anak dapat ditumbuhkan secara optimal dan maksimal melaluikegiatan bermain. Saat bermain, anak-anak mempelajari banyak hal penting.Adapun jumlah anak yang diteliti adalah 23 anak. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak melalui terapi bermain.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dalam penelitian menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan analisis data.Dinyatakan meningkat jika rata-rata prosentase masing-masing indikatoryang dimiliki lebih atau sama dengan 75%. Sebaliknya percaya diri anakdinyatakan belum meningkat jika rata-rata prosentase masing-masing indikatorkurang dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yangbaik dari Siklus I dan Siklus II mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa terapibermain tepat untuk diterapkan pada anak karena mudah dipahami dan disukaianak.