STUDI KASUS TENTANG RASA PERCAYA DIRI, FAKTOR PENYEBABNYA DAN UPAYA MEMPERBAIKI DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING INDIVIDUAL

Main Author: Triningtyas, Diana Ariswanti
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Madiun , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/239
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/239/211
Daftar Isi:
  • Pada hakekatnya manusia mempunyai rasa percaya diri, namun antara satudengan yang lain ada perbedaan yaitu ada yang memiliki rasa percaya diri rendahdan ada yang rasa percaya dirinya tinggi.Rasa percaya diri diperlukan dimana saja seseorang itu berada, karena iturasa percaya diri perlu dibangun dan dikembangkan secara positif dan objektif.Siswa sebagai peserta didik yang berfungsi sebagai subjek maupun objekpendidikan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perubahanperubahan.Penelitian ini bertujuan untuk mengubah seorang siswa yangmempunyai rasa percaya diri rendah menjadi memiliki percaya diri tinggi jugauntuk mengetahui seberapa banyak kontribusi layanan konseling dalammenangani masalah pribadi siswa demi keberhasilan.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikirandan jalan keluar langkah-langkah apa yang perlu diambil oleh pihak sekolah, agarkeberadaan konseling individu dapat memberikan kontribusi nyata terhadappengembangan dan peningkatan prestasi belajar siswa.Lingkup penelitian adalah siswa SMK PGRI 3 Kediri. Untuk menetapkanseorang siswa yang mengalami rasa percaya diri rendah dipergunakan kriteriakriteriatertentu yaitu menunjukkan hasil belajar rendah, hasil yang dicapai tidaksesuai dengan usaha yang dilakukan, sering melamun, menunjukkan perilakuyang berlainan, menunjukkan gejala emosional yang kurang wajar. Untukmengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya rasa percaya diri yang dialamisiswa digunakan teknik wawancara, observasi, pencatatan dokumen pribadi untukfaktor internal, sedangkan untuk faktor eksternal adalah lingkungan keluarga danmasyarakat.Penelitian ini berusaha untuk mengungkap fakta-fakta yang terjadi padasaat penelitian. Fakta-fakta yang dimaksud adalah banyaknya, jenisnya, faktorfaktorpenyebab dan upaya penanggulangannya, utamanya menggunakan strategikonseling individual. Fakta-fakta yang terungkap dideskripsikan dengan kata-katadan tindakan, bukan dengan angka-angka maka penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif.