Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK

Main Authors: Chrisyarani, Denna Delawanti, Yasa, Arnelia Dwi
Other Authors: DIKTI
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Madiun , 2018
Subjects:
PPK
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/3207
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/3207/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul tematik berbasis PPK yang valid. Modul yang akan dikembangkan belum pernah ditemui di lapangan, karena terdapat kegiatan pembiasaan PPK dan pengintegrasian materi tematik dengan PPK. Karakter yang diperkuat pada PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Adapun prosedur pengembangan modul, yaitu: (1) penelitian/studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal atau dalam penelitian ini merupakan uji validasi oleh ahli, (5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama atau dalam penelitian ini adalah uji coba skala kecil, (7) merevisi produk hasil uji lapangan utama, (8) uji pelaksanaan lapangan atau dalam penelitian ini adalah uji coba lapangan/kelas, (9) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dari segi materi dan desain. Segi validasi materi diperoleh prosentase 95% dan dari segi desain 93%, dalam kategori sangat valid.