Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak
Main Authors: | Lizawati, Lizawati, Uli, Indriyana |
---|---|
Other Authors: | Lizawati, IKIP PGRI PONTIANAK, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Madiun
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/2911 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/2911/pdf http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/downloadSuppFile/2911/224 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/downloadSuppFile/2911/225 |
Daftar Isi:
- Sastra lisan merupakan salah satu media untuk pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan. Metode penelitian ini berupa metode deskriftif dengan bentuk kualitatif dengan teknik analisis data interaktif model berupa data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Sumber data diperoleh dari informan. Penelitian ini menemukan bahwa ada 9 nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan dan 4 implementasi nilai pendidikan karakter sastra lisan yaitu, nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai peduli, dan nilai tangguh.