Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Main Author: marasiwi, Marasiwi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS PGRI MADIUN , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/1140
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/1140/1127
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yang rendah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini berjenis PTK yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Siswa kelas V berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.