PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DALAM TRADING PUPUK UREA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (KASUS PADA PT PUPUK KUJANG, CIKAMPEK, INDONESIA)

Main Authors: Mulyaningtiyas, Ratna Dewi, Junaidi, Moch. Agus, Wulandari, Dessy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar , 2020
Online Access: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/736
https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/736/443
Daftar Isi:
  • Relationship marketing merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Penerapan relationship marketing jika dilakukan dengan baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Strategi dalam relationship marketing tersebut sangat penting untuk diperhatikan dalam mempertahankan hubungan jangka panjang antara produsen dengan mitra bisnisnya. Konsep relationship marketing banyak digunakan oleh perusahaan yang ada, salah satunya perusahaan agroindustri. Penelitian ini dilakukan pada PT Pupuk Kujang, Cikampek, Indonesia. Analisis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengetahui relationship marketing serta pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan PT Pupuk Kujang. Penelitian ini menemukan bahwa faktor relationship marketing yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan penanganan konflik. Lebih lanjut, variabel kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3), kepuasan (X4), dan penaganan konflik (X5) tidak memiliki kaitan satu sama lain, hanya saja variabel-variabel tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y). Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Relationship Marketing, Trading Pupuk Urea