EVALUASI KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD - PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL DAN PEMBELAJARAN/PERTUMBUHAN
Main Authors: | Wahyuni, Fadhilla, Lukito, Hendra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STIE AMKOP
, 2020
|
Online Access: |
https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/644 https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/644/364 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi kinerja menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dilihat dari perspektif proses bisnis internal dan pembelajaran/pertumbuhan pada Bank X. Variabel penelitian dari perspektif proses bisnis internal yaitu proses inovasi, proses operasi dan layanan purna jual dan perspektif pembelajaran/pertumbuhan yaitu kepuasan pekerja, retensi pekerja dan produktivitas pekerja, Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan 133 pegawai yang menjadi responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif yang bersifat deskriptif, dimana hasil yang diperoleh yaitu hasil penilaian kinerja Bank X dari perspektif proses bisnis internal sebesar 4,44 dengan rating B deskripsi Very Good dan hasil penilaian kinerja Bank X dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 4,11 dengan rating B deskripsi Very Good. Kata Kunci : Kinerja, Balanced Scorecard, Internal Bisnis Proses, Pembelajaran & Pertumbuhan