PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UPTD KESEHATAN PUSKESMAS BOJO BARU KABUPATEN BARRU
Main Authors: | Rismayanti, Rismayanti, Bata Ilyas, Gunawan, Kadir, Ikhsan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pascasrjana STIE Amkop Makassar
, 2018
|
Online Access: |
https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/342 https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/342/173 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh reliability terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh assurance terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh tangible terhadap kepuuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh empathy terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (5) mengetahui dan menganalisis pengaruh responsiveness terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (6) mengetahui dan menganalisis pengaruh mutu pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan pada UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru. Sampel menggunakan metode accidental sampling, yaitu dilakukan dengan mengambil responden pasien yang kebetulan ada saat pengumpulan data dilakukan. Sampel berjumlah 89 responden pada UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada pegawai yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil analisis menunjukan bahwa (1) reliability berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (2) assurance berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (3) tangible berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (4) empathy berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (5) responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru, (6) pelayanan simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di UPTD Kesehatan Bojo Baru Kabupaten Barru.Kata Kunci : Reliability, Tangible, Assurance, Empathy, dan Responsiveness ABSTRACTThis research aims to (1) determine and analyze the effect of reliability on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency, (2) determine and analyze the effect of assurance on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(3) determine and analyze the effect of tangible on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency, (4) determine and analyze the effect of empathy on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(5) determine and analyze the effect of responsiveness on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(6) determine and analyze the effect of service quality simultaneously on patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency. This research was carried out at the New Bojo Health UPTD in Barru Regency. The sample uses accidental sampling method, which is done by taking patient respondents who were there when the data collection was done. Samples were 89 respondents in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency. Data collection methods used were direct interviews with parties involved with the research conducted.Data analysis was performed using multiple linear regression analysis, T-test, F test and Determination Coefficient Test (R2). The results of the analysis show that (1) reliability influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency, (2) assurance influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(3) tangible influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(4) empathy influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(5) responsiveness influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency,(6) simultan service influences patient satisfaction in the New Bojo Health UPTD in Barru Regency.Keywords : Reliability, Tangible, Assurance, Empathy, and Responsiveness