KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Main Authors: | Dewi, Arcy Suzana, Isnani, Isnani, Ahmadi, Ahmadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/3509 http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/3509/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran mencapai target, 2) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap, 3)-model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas dengan teknik pengambilannya menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji manova dan Hotelling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran mencapai target, 2) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap, 3) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika.