BUDAYA KEDIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK)

Main Authors: Khalimah, Nur, Farin, Khoyimatul Isti, Nikmah, Miftakhul, Ni’mah, Khomsatun, Jatmiko, Jatmiko
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Semarang , 2017
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1482
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1482/1243
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan LKS berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen diantaranya lembar penilaian oleh ahli media dan ahli materi, serta angket siswa. Luaran yang diharapkan berupa modul LKS matematika berbasis etnomatematika melalui pendekatan saitifik, sehingga dapat diketahui hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.