BAHAN AJAR FUN-SCIENCE BERBASIS KONTEKS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Main Authors: | Putikah, Tuti, Rubini, Bibin, Pursitasari, Indarini Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pakuan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/1397 https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/1397/1173 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar fun-science berbasis konteks untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian dilakukan menggunakan metode R&D dengan desain 4D meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Bahan ajar yang dirancang diuji validasinya oleh ahli/dosen dan guru IPA. Keterpahaman dan keterbacaan bahan ajar diujikan kepada 95 siswa menggunakan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar yang telah valid. Kemampuan literasi sains ditentukan menggunakan tes literasi sains. Data yang terkumpul selanjutnya diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar fun-science berbasis konteks memenuhi kriteria valid dari aspek konten, kebahasaan, penyajian, kegrafisan, dan literasi sains. Berdasarkan hasil angket, keterbacaan bahan ajar masuk kategori sangat baik. Kemampuan literasi sains setelah mempelajari bahan ajar menunjukkan perolehan N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang.