PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANUHAMPU

Main Author: Fikriani, Tiara
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Pesisir Selatan , 2017
Online Access: http://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/86
http://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/86/93
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jenis penilitian ini adalah Penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefisien korelasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu dengan kelas VIII6 terambil sebagai sampel. Hipotesis dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran everyone is a teacher here berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Banuhampu. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors, ternyata dari uji normalitas yang dilakukan terhadap galat dari sebaran data X dan sebaran data Y berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi ternyata diperoleh korelasi (r) yaitu 0,97 sedangkan koefisien determinasi (r2) yaitu 0,9409 dimana berdasakan kriteria pengujian terdapat korelasi sangat positif. Ini dapat diartikan bahwa 94,09% pengujian hipotesis diterima pada taraf 95%. Terakhir dengan melakukan pengujian hipotesis, dari perhitungan diperoleh thitung 21,487 > ttabel= 2,042 yang berarti hipotesis diterima. Maka berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulakan terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode everyone is a teacher here