PENGARUH KARAKTERISTIK PSIKOGRAFIS ANGGOTA PROGRAM RKO BINAAN CSR TBBM CIKAMPEK TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PROGRAM DI DESA DAWUAN BARAT, KECAMATAN CIKAMPEK, KABUPATEN KARAWANG

Main Authors: Prayitno, Ardi Hutri, Ismail, Taufik, Rinaldy, Reza
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Padjadjaran , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/23874
http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/23874/pdf
Daftar Isi:
  • Program RKO merupakan implementasi kepedulian PT. Pertamina Terminal BBM Cikampek dalam merealisasikan program CSR yang mengacu pada potensi masyarakat. Berlokasikan di salah satu desa binaan yaitu Desa Dawuan Barat, penelitian ini melakukan pengambilan data dari lima dusun yang terdiri atas Dusun Payuyon, Tegalwangi, Babakan Bogor, Babakan Sereh, dan Kamijaya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat anggota RKO dalam aktivitas program CSR Pertamina TBBM Cikampek dan menganalisis pengaruh karakteristik demografi peternak berupa umur, tingkat pendidikan dan pekerjaan utama, terhadap motivasi mengikuti program RKO. Sampel data penelitian adalah 15 responden anggota RKO yang aktif mengikuti program. Menggunakan metode Survei dibantu dengan kuesioner teknik convenience sampling, yang diperdalam melalui wawancara. Analisis data secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil lapangan dan pengolahan data primer, dapat disimpulkan bahwa dari segi kebutuhan badaniyah dan kebutuhan keamanan mayoritas responden menyatakan tidak setuju dengan pernyataan yang diajukan sehingga motivasi responden tergolong sedang. Sedangkan dari segi kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan kepuasan diri mayoritas responden menyatakan setuju dari pertanyaan yang diajukan sehingga motivasi responden tergolong sedang bahkan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Program RKO belum mampu memenuhi kebutuhan responden secara ekonomi. Namun telah mampu meningkatkan kebutuhan responden secara sosial dan kemasyarakatan serta peningkatan motivasi responden dalam mengikuti program yang dilaksanakan.