PERANCANGAN 3D VIRTUAL TOUR GEDUNG FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UKSW SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Main Author: | Tanaya, I Gede Agus Sukra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Esa Unggul
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/inosains/article/view/1697 https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/inosains/article/view/1697/1522 |
Daftar Isi:
- AbstractThe development of education to change the way people view the resale value. Places that are selling services, other aspects need to attract consumers, one of which is the building and accompanying facilities. Media campaigns in print and conventional currently used by FTI SWCU, has not been able to convey information related to buildings and facilities owned. In addition, the one-way delivery of information used in printed promotional media, can not involve the communicant, which impact on the level of interest from the target promotion. This study discusses the planning of a 3D virtual tour as a media campaign for the educational institutions. Object of this research is building FTI institution. 3D Virtual Tour was built with reference to the blueprint of the building and visually presenting various indoor facilities owned by the institution. 3D Virtual Tour is interactive where users can browse through the building faculty independently supplied navigation. The result is a 3D Virtual Tour building SWCU FTI as a media campaign that presents information about the existing physical facilities and can be integrated with other conventional promotional media. Keywords: education, university, promotions, virtual tour  AbstrakPerkembangan dunia pendidikan mengubah cara pandang masyarakat terhadap nilai jualnya. Obyek jual yang bersifat jasa, membutuhkan aspek lain untuk menarik konsumen, salah satunya adalah bangunan dan fasilitas yang menyertainya. Media promosi dalam bentuk cetak dan bersifat konvensional yang saat ini digunakan oleh FTI UKSW, belum mampu menyampaikan informasi terkait dengan bangunan dan fasilitas yang dimiliki. Selain itu, penyampaian informasi satu arah yang digunakan dalam media promosi cetak, belum dapat melibatkan komunikan, yang berdampak pada tingkat ketertarikan dari target promosi. Penelitian ini membahas mengenai perancangan 3D virtual tour sebagai media promosi bagi institusi pendidikan. Obyek penelitian ini adalah gedung FTI UKSW. 3D Virtual Tour ini dibangun dengan mengacu pada cetak biru gedung dan menyajikan secara visual berbagai fasilitas ruangan yang dimiliki oleh institusi. 3D Virtual Tour ini bersifat interaktif dimana pengguna dapat menjelajah gedung fakultas secara mandiri melalui navigasi yang disediakan. Hasilnya adalah 3D Virtual Tour gedung FTI UKSW sebagai media promosi yang menyajikan informasi tentang fasilitas fisik yang ada dan dapat diintegrasikan dengan media promosi konvensional lainnya. Kata kunci: pendidikan, perguruan tinggi, promosi, virtual tour