Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)

Main Author: Khutsiyah, Mufida Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/9774/
ctrlnum 9774
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/9774/</relation><title>Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)</title><creator>Khutsiyah, Mufida Lailatul</creator><subject>352.380 285 Computer applications</subject><description>Inovasi Program Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) adalah salah satu program gagasan BKPM dilakukan secara online yang wajib dilaksanakan oleh pemeritah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang memberikan pelayanan perizinan di bidang penanaman modal atau disebut dalam pemerintahan yaitu e-government. Inovasi program tersebut salah satu pelaksananya adalah Kabupaten Jombang yang bertujuan agar dapat secara cepat data investasi teritegrasi dari setiap instansi terkait. Hal ini digunakan agar pelayanan untuk investor lebih simple, murah, efisien, dan menciptakan transparansi.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus pertama penelitian ini mengenai inovasi pelayanan publik melalui program SPIPISE di DPMPTSP Jombang menggunakan teori tipologi inovasi dari Mulgan &amp; Albury. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi program SPIPISE ada unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan program SPIPISE tersebut, untuk memberikan perizinan secara online pada izin prinsip dan izin usaha. SPIPISE memakai inovasi proses layanan yaitu dengan alur yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi metode pelayanan program SPIPISE di DPMPTSP Jombang ditangani oleh empat pegawai yang memiliki hak akses dari BKPM yaitu front office, back office/staf, kepala dan tata usaha, namun untuk investor tetap mendaftar secara manual. Program SPIPISE ini, juga memiliki inovasi kebijakan karena gagasan ini dilandasi kebijakan yang memiliki tujuan dan terdapat strategi dari BKPM. Pelayanan dilakukan melalui inovasi sitem dengan website. Kewenangan perkembangan inovasi ada pada BKPM, sehingga terjadi kendala di DPMPTSP karena masih ketergantungan dengan BKPM dan SDM serta infrastruktur yang tidak memadahi, maka perlu upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Dalam rangka menjalankan inovasi pelayanan pemerintah hendaknya membuat lakip dan SOP yang terpadu, membuat perda pendukung inovasi, meregenerasi pegawai pelaksana program SPIPISE, saling sharing tentang pemahaman program SPIPISE, dan menyediakan infrastruktur yang memadahi.</description><date>2018-03-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Khutsiyah, Mufida Lailatul (2018) Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/120/051803091</relation><recordID>9774</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Khutsiyah, Mufida Lailatul
title Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)
publishDate 2018
topic 352.380 285 Computer applications
url http://repository.ub.ac.id/9774/
contents Inovasi Program Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) adalah salah satu program gagasan BKPM dilakukan secara online yang wajib dilaksanakan oleh pemeritah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang memberikan pelayanan perizinan di bidang penanaman modal atau disebut dalam pemerintahan yaitu e-government. Inovasi program tersebut salah satu pelaksananya adalah Kabupaten Jombang yang bertujuan agar dapat secara cepat data investasi teritegrasi dari setiap instansi terkait. Hal ini digunakan agar pelayanan untuk investor lebih simple, murah, efisien, dan menciptakan transparansi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus pertama penelitian ini mengenai inovasi pelayanan publik melalui program SPIPISE di DPMPTSP Jombang menggunakan teori tipologi inovasi dari Mulgan & Albury. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi program SPIPISE ada unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan program SPIPISE tersebut, untuk memberikan perizinan secara online pada izin prinsip dan izin usaha. SPIPISE memakai inovasi proses layanan yaitu dengan alur yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi metode pelayanan program SPIPISE di DPMPTSP Jombang ditangani oleh empat pegawai yang memiliki hak akses dari BKPM yaitu front office, back office/staf, kepala dan tata usaha, namun untuk investor tetap mendaftar secara manual. Program SPIPISE ini, juga memiliki inovasi kebijakan karena gagasan ini dilandasi kebijakan yang memiliki tujuan dan terdapat strategi dari BKPM. Pelayanan dilakukan melalui inovasi sitem dengan website. Kewenangan perkembangan inovasi ada pada BKPM, sehingga terjadi kendala di DPMPTSP karena masih ketergantungan dengan BKPM dan SDM serta infrastruktur yang tidak memadahi, maka perlu upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Dalam rangka menjalankan inovasi pelayanan pemerintah hendaknya membuat lakip dan SOP yang terpadu, membuat perda pendukung inovasi, meregenerasi pegawai pelaksana program SPIPISE, saling sharing tentang pemahaman program SPIPISE, dan menyediakan infrastruktur yang memadahi.
id IOS4666.9774
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-05-10T02:27:34Z
last_indexed 2021-10-18T02:14:03Z
recordtype dc
_version_ 1751453657916768256
score 17.538404