Perancangan Mobil yang Ergonomis pada Bagian Penumpang untuk Difabel Daksa dan Netra Dengan Pendekatan HOQ
Main Author: | Adam, Ahmad Pratomo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/9184/1/Ahmad%20Pratomo.pdf http://repository.ub.ac.id/9184/ |
Daftar Isi:
- Transportasi merupakan hal yang sangat diperlukan semua manusia agar dapat memobilisasi kegiatannya dan mudah beraktivitas kemanapun. Namun ada beberapa orang yang mempunyai keterbatasan untuk hal mobilitas seperti kaum difabel atau biasa disebut juga penyandang disabilitas. Kaum difabel (disabilitas) merupakan orang yang mempunyai kekurangan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu dan menghambat dirinya untuk melakukan kegiatannya sehari-hari dalam hidup yang wajar. Maka dari itu diperlukan suatu transportasi yang bisa memenuhi kebutuhan para kaum difabel untuk bepergian kemana saja dengan mudah dan nyaman dengan desain dan fasilitas yang cocok untuk kaum difabel khususnya kaum difabel daksa dan netra yang memiliki persentase terbanyak pada jumlah difabel di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode HOQ. Penentuan desain didapat dari perhitungan ukuran part bagian penumpang dengan menggunakan dimensi antropometri berdasarkan data dari mahasiswa difabel Universitas Brawijaya. Setelah itu dari hasil HOQ dibuat berbagai alternatif konsep dengan menggunakan morfologi chart dan melakukan pemilihan alternatif konsep desain dengan menggunakan PUGH matriks. Kemudian dari alternatif desain yang telah dipilih pada PUGH matriks, maka estimasi total biaya pembuatan mobil difabel dibuat berdasarkan alternatif konsep desain terpilih. Hasil yang didapat dari penelitian dengan metode-metode tersebut adalah mendapatkan sebuah rancangan desain mobil kaum difabel daksa dan netra dengan desain terbaik dari berbagai alternatif. Dari hasil analisis perancangan mobil difabel bagian penumpang ini, didapatkan bahwa untuk membuat desain mobil difabel daksa dan netra terdapat wheelchair lift, dimensi wheelchair lift, jumlah slot space penumpang kursi roda, dimensi handrail, diameter tiang pegangan, jumlah tiang pegangan, jumlah kursi lipat penumpang, jumlah wheelchair securement dari respon teknis pada HOQ. Perhitungan antropometri menghasilkan berbagai dimensi masing-masing bagian mobil yang diperlukan dalam mendesain mobil difabel. Setelah itu dari PUGH matriks terpilih satu alternatif konsep dari 6 alternatif konsep yang ada dengan mempertimbangkan segi aksesibilitas, biaya, kemudahan operasional, keamanan, dan kenyamanan penggunaan. Total estimasi biaya pembuatan/ modifikasi desain mobil kaum difabel ini adalah Rp. 171.530.000,-.